Selasa, 18 Januari 2011

Mengaktifkan .htaccess di Apache (XAMPP) pada Windows

Secara umum, penggunaan .htaccess pada server hosting yang kita pergunakan bukanlah suatu masalah, paling mentok kita menghubungi server provider. Tapi bagaimana dengan localhost.....? sering error ya ..... ? nah bagi yang masih sering error, saya akan mencoba memberikan trik agar tidak error lagi. (Tapi sebagai catatan, secara global trik ini hanya teruji pada XAMPP.) Kejadiannya ketika ane membeli salah satu buku tentang Belajar Mudah membuat Website dengan J Query, ane nemuin kendala neh ane cari-cari cara sampai puyenggggg...dah beli 45000 bukunya ga bisa dipake neh,akhirnya alhmdulilah ane nemuin caranya

Penyebab dari kasus ini adalah secara default XAMPP atau Apache Web Server yang mirip dengan XAMPP pada Windows tidak mengaktifkan mod_rewrite. Ini menyebabkan Apache akan mengabaikan file .htaccess file.

Solusinya tidaklah sulit, cukup membuka sebuah file yang bernama httpd.conf dan dapat menemukannya di dalam direktori \xampp\apache\conf. Kemudian silahkan mencari baris kode seperti berikut ini:

#LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so

Setelah menemukan kode tersebut, anda harus menghapus # dari baris tersebut untuk mengaktifkan mod_rewrite, sehingga seperti terlihat di bawah ini:

LoadModule rewrite_module modules/mod_rewrite.so

Langkah terakhir adalah jangan lupa untuk menyimpan alias save perubahan ini dan tentu juga harus me-restart server XAMPP.

Dan setelah itu anda bisa menikmati hasilnya, salah satunya adalah dengan menggunakan SEO setting secara seutuhnya pada situs yang ada di localhost atau digunakan untuk intranet. Semoga sukses selalu.



Semoga Bermanfaat,
Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Mengaktifkan .htaccess di Apache (XAMPP) pada Windows"

Posting Komentar